Jumaristoho's Blog

Just another WordPress.com site

Inflasi

INFLASI

Pendahuluan

Langkah untuk memerangi inflasi merupakan salahsatu focus dari kebijakan ekonomi. Kebijakan yang berkaitan dengan inflasi biasanyadikenal sebagai kebijakan stabilitas harga.

Pertanyaan yang timbul ,mengapa perlu stabilisasi harga ? Hal ini berkaitan dengan dengan ketidakmampuan mekanisme pasar menjamin adanya keseimbangan harga.Memang langkah terbaik pengendalian harga adalah didasarkan pada kekuatan tarik menarik antara permintaan dan penawaran barang dan jasa.

Apakah setiap kenaikan harga akan sendirinya mengakibatkan inflasi ?Pertanyaan ini tidak dapat langsung dijawab “Ya “, sebab kita harus mengkaji terlebih dahulu , apakah kenaikan harga tersebut bersifat umum dan terus menerus atau hanya sementara dan sporadis. Bila yang kita hadapi adalah hal yang disebut terakhir ,maka kenaikan harga tersebut belum dapat dikatakan inflasi.

Apabila kita kesulitan untuk m enentukan atau mengukur harga pengharapan atau inflasi yang diharapkan terjadi pada suatu periode yang akan datang dengan memperhatikan atau berdasarkan data  harga di masa lalu.

Inflasi

Inflasi merupakan salah satu bentuk penyakit ekonomi yang sering kambuh dan dialami oleh hampir semua negara . Definisi sederhana mengenai inflasi menyatakan bahwa inflasi merupakan kecenderungan kenaikan harga – harga secara umumdan terus menerus.Dari definisi ini dapat disimpulkan bahwa kenaikan  harga satu atau beberapa barang pada suatu saat tertentu dan hanya sementara belum tentu menentukan inflasi.

Inflasi dapat timbul antara lain karena :

  • Pemerintah terlalu berambisi untuk menyerap sumber – sumber ekonomi le bih besar daripada sumber-sumber ekonomi yang dilepaskan oleh pihak swasta pada tingkat harga yang berlaku.
  • Berbagai golongan ekonomi dalam masyarakat berusaha memperoleh tambahan pendapatan relatif lebih besar daripada kenaikan produktivitas mereka.
  • Adanya harapan yang berlebihan dari masyarakat sehingga permintaan barang- barang dan jasa naik lebih cepat daripada tambahan output yang mungkin dicapai oleh perekonomian yang bersangkutan .
  • Adanya kebijaksanaan pemerintah baik yang bersifat ekonomi, politik, dan non ekonomi lain yang mendorong hal itu.
  • Pengaruh alam (bencana :banjirdll) yang mempengaruhi harga secara terus- menerus.
  • Pengaruh inflasi luar negeri ,khususnya bila Negara yang bersangkutan mempunyai sistem perekonomian terbuka.

Inflasi dapat dibedakan atas :

  • Inflasi Ringan adalah inflasi yang lajunya lebih kecildari 10 % per tahun.
  • Inflasi Sedang adalah inflasi yang lajunya antara 10 % sampai 30% per tahun.
  • Inflasi Berat adalah inflasi yang lajunyaantara 30% sampai 100% pertahun
  • Hyper Inflasi adalah inflasi yang lajunya lebih besardari 100 % per tahun .

Inflasi dari segi permintaan

Inflasi ini timbul karena permintaan dalam negeri (baik masyarakat maupun pemerintah )akan berbagai barang sangat kuat dan besar serta melebihi keluaran (output) yang ada dalam perekonomian tersebut. Keadaan ini terjadi misalnya pengeluaran pemerintah meningkat dan dibiayai dengan pencetakan uang .Kebijakan tersebut akan mengakibatkan naiknya hargabarang- barang dan dengan sendirinya akan mengakibatkan laju inflasi .

Inflasi dari segi penawaran

Kenaikan harga terjadi karena adanya kenaikan ongkos produksi ,baik karena buruhm enuntut kenaikan upah , maupun karena perusahaan menghendaki kenaikan keuntungan yang melebihi kemampuannya berproduksi .

Inflasi  Kombinasi

Inflasi ini timbul karena pengaruh pergeseranp ermintaan dan penawaran masyarakat.Dengan demikian keadaan harga yang timbul disebabkan oleh permintaan masyarakat yang kuat dan besar serta adanya tuntutan dari buruh atau pengusaha yang mengakibatkan kenaikan ongkos.

Inflasi dalam negeri (domestic inflation )

Kenaikan harga terjadi karena adanya “shock “ (kejutan ) dari dalam negeri baik karena perubahan perilaku masyarakat non pemerintah  maupun pemerintah yang mengakibatkan kenaikan harga. Misalnya karena adanya pola konsumsi tinggi yang tak terkendali .

Inflasi luar negeri (imported inflation )

Kenaikan harga umum dapat dipengaruhi tidak saja oleh harga dalam negeri ,tetapi juga oleh harga- harga luar negeri yang tercermin pada harga barang – barang import. Dengan demikian kenaikan indeks harga luar negeri akan mengakibatkan kenaikan indeks harga umum dan dengan sendirinya akan mempengaruhi kenaikan laju inflasi .

Tujuan pengendalian harga oleh pemerintah :

  • Mengontrol adanya inflasi spiral
  • Menjaga alokasi sumberdaya agar sesuai dengan rencana pembangunan pemerintah
  • Menjaga imbangan pembagian pendapatan antara golongaan masyarakat agar tidak melanggar keadilan sosial dan tidak mempengaruhi alokasi sumber sumber daya.

PENUTUP

Inflasi bisa digolongkan menurut berbagai cara ,tergantung tujuan analisa kita . Penggolongan bisa didasarkan atas laju inflasi ( ringan , sedang, berat, hiperinflasi ). Sebab musabab nya( demand atau cost inflation ) dan asal inflasi  (domestic atau imported inflation )

Masalah inflasi adalah masalah sosio- ekonomi-politis.Untuk itu hampir semua negara di dunia dijumpai inflasi. Inflasi yang berasal dari dalam negeri timbul karena defisit anggaran belanja yang dibiayai dengan percetakan uang yang baru ,panen yang gagal , dan sebagainya. Sedang dari luar negeri adalah inflasi yang timbul karena kenaikan harga-harga di luar negeri atau di Negara –negara langganan berdagang Negara kita.

Penularan inflasi dari luar negeri kedalam negeri , jelas lebih mudah terjadi pada Negara yang perekonomiannya terbuka yaitu sektor perdagangan luar negeri nyapenting (seperti Indonesia ).

Namun tergantung pada kebijaksanaan pemeritah yang diambil.Dengan kebijaksanaan – kebijaksanaan moneter dan perpajakan tertentu pemerintah bisa menetralisir kecendrungan inflasi .

Sumber :

Nopirin, Ph.D, “Ekonomi moneter “, Buku I, BPFE Yogyakarta, 1986.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: